Adab Makan dan Minum


gambar-makan-dan-minum
Islam adalah agama rahmatan lil’alamin bagi umat manusia. Rahmatnya islam  itu akan terasa jika aturan islam itu ditegakkan dimuka bumi ini. Islam tidak hanya mengatur masalah Agama, tetapi mengatur seluruh sendi kehidupan manusia didunia ini, termasuk masalah makan. Siapa yang tidak makan didunia ini, tentu semua manusia didunia ini membutuh kan makan dan minum. Jika ada yang tidak makan dan minum didunia maka manusia akan mati. Makan dan minum bisa menjadi ibadah jika aktifitas makan dan minum itu dilakukan dengan niat yang benar dan baik, yaitu berniat karena Allah SWT.
” Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu”. (Q.S. Al Baqoroh : 168 )
Oleh karena itu, masalah makan dan minum ini ada adab dan aturan nya di dalam islam, adapun adab dan aturan nya antara lain yaitu :
  1. Makan dan minum lah dengan makanan yang halal dan yang baik.
    Hal ini merupakan perintah dari Allah SWT. Perintah ini terdapat di dalam Alquran surat Al Baqoroh :168. Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. Baik disini adalah baik dalam persoalan gizi, proses memasak dan baik menurut kebanyakan manusia. Sedangkan halal yaitu halal zat dan cara mendapatkannya. Contoh seseorang makan gulai ayam, namun hasil curian dari ayam tetangga. Ayam nya halal tapi cara mendapatkan nya tidak halal.
  2. Berniat yang baik ketika makan dan minum.
    Niat yang baik ini agar kita bisa beribadah kepada Allah SWT. dan meningkatkan ibadah kita.
  3. Membaca Basmallah (Bismillahirrahmaanirrahiim) sebelum makan dan minum. karena bacaan Basmallah ini adalah bacaan sebelum melakukan suatu kegiatan baik itu makan dan minum maupun tidak.
  4. Membaca Doa “Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar”
  5. Makan dan minum dengan tangan kanan.
    Dari Abdullah bin ‘Umar radhiallahu anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika dia minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula.” (HR. Muslim no. 2020)
  6. Makan dan minum dengan duduk yang sopan.
  7. Makan dimulai dari yang paling dekat.
  8. Tidak boleh mencela makanan.
    Suka tidak suka kita terhadap makanan adalah bersifat subyektif,artinya apabila kita tidak suka belum tentu juga yang lain tidak suka.Kita harus mensyukuri nikmat yang selalu diberikan oleh Allah SWT. ucapkan Alhamdulillah.
  9. Makan dan minum dengan sederhana.
    Sederhana disini tidak berlebihan, jangan sampai berlebihan. Kita harus makan sesuai dengan yang kita sanggupi.
  10. Makan dan minum boleh berbicara tapi jangan sampai berlebihan.
  11. Makan dan minum jangan sampai bunyi dan jangan sampai keliatan gigi.
  12. Mencuci tangan sebelum makan.
  13. Membersihkan tangan setelah makan.
  14. Bersyukur dan berdoa
    “Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin”
Demikianlah adab makan dan minum dalam islam, semoga bisa kita amalkan apa yang telah diajarkan Rasulullah kepada kita semua dan kita bisa menjadi rahmat bagi semua alam.

4 komentar:

  1. Makasih mas dani, sharing ilmunya. dari sini saya bisa dapet ilmu yang bisa saya ajarkan kepada anak saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mbak. Semoga berkah.

      Hapus
    2. AYoo mbak sama2 kita amalkan.

      Hapus
  2. Bagus ini mas, banyak orang sering lupa dengan adam saat makan. Trus aku baru ngeh dengan point ke-11, baru tahu kalau makan jangan kelihatan gigi

    BalasHapus