Pelajaran surat Al Baqarah ayat 259



Assalamualaykum Warahmatullahi Wabarakatuhu

Apa kabar sahabat, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Oya, kali ini saya akan memposting kajian yang saya peroleh hari ini tentang pelajaran Q.S Al Baqarah ayat 259.Kajian ini disampaikan oleh ustad KH, M. Syamlan, Lc di masjid Baitul Atieq sawah lebar.
{أَوْ كَالَّذِي مَرَّ عَلَىٰ قَرْيَةٍ وَهِيَ خَاوِيَةٌ عَلَىٰ عُرُوشِهَا قَالَ أَنَّىٰ يُحْيِي هَٰذِهِ اللَّهُ بَعْدَ مَوْتِهَا ۖ فَأَمَاتَهُ اللَّهُ مِائَةَ عَامٍ ثُمَّ بَعَثَهُ ۖ قَالَ كَمْ لَبِثْتَ ۖ قَالَ لَبِثْتُ يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍ ۖ قَالَ بَل لَّبِثْتَ مِائَةَ عَامٍ فَانظُرْ إِلَىٰ طَعَامِكَ وَشَرَابِكَ لَمْ يَتَسَنَّهْ ۖ وَانظُرْ إِلَىٰ حِمَارِكَ وَلِنَجْعَلَكَ آيَةً لِّلنَّاسِ ۖ وَانظُرْ إِلَى الْعِظَامِ كَيْفَ نُنشِزُهَا ثُمَّ نَكْسُوهَا لَحْمًا ۚ فَلَمَّا تَبَيَّنَ لَهُ قَالَ أَعْلَمُ أَنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ} [البقرة : 259]


Artinya : Atau apakah (kamu tidak memperhatikan) orang yang melalui suatu negeri yang (temboknya) telah roboh menutupi atapnya. Dia berkata: "Bagaimana Allah menghidupkan kembali negeri ini setelah hancur?" Maka Allah mematikan orang itu seratus tahun, kemudian menghidupkannya kembali. Allah bertanya: "Berapakah lamanya kamu tinggal di sini?" Ia menjawab: "Saya tinggal di sini sehari atau setengah hari". Allah berfirman: "Sebenarnya kamu telah tinggal di sini seratus tahun lamanya; lihatlah kepada makanan dan minumanmu yang belum lagi beubah; dan lihatlah kepada keledai kamu (yang telah menjadi tulang belulang); Kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan Kami bagi manusia; dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu, kemudian Kami menyusunnya kembali, kemudian Kami membalutnya dengan daging". Maka tatkala telah nyata kepadanya (bagaimana Allah menghidupkan yang telah mati) diapun berkata: "Saya yakin bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu".

Pelajaran.
Pada surat ini diceritakan telah terjadi kerusakan disebuah negeri dan para ulama menyebutkan bahwa negeri  ini di sebut Baitul Maqdis dab musafir yang berjalan di negeri ini ada yang menyebut kan Khaidir atau Uzair. tapi jumhur ulama menyebutkan itu adalah Uzair. Bukti yang lain Uzair hafal taurat. Yang hafal taurat nabi Musa, Nabi Isa, Yusa bin Mur dan Uzair.

1.Penting nya bagi kita untuk membaca kisah-kisah umat terdahulu. Kalau kita tidak percaya dengan Allah sungguh celaka karena Allah banyak memberikan penjelasan. 

2. Proses kematian dan proses kehidupan adalah bukti nyata kekuasaan Allah. Memahami proses kehidupan dan kematian itu sangatlah penting. Bahwa manusia diciptakan tidak untuk sia sia.

3. Dalam kondisi apapun ketika sedang berjuang kita tidak boleh putus asa. Hal ini telah di buktikan oleh Allah. Memang kekuatan orang-orang kafir dasyat. Dan ingatlah​ Allah Maha Besar. Yang penting bagi kita orang beriman adalah bahwa kita punya Allah​ yang maha besar.

4. Bengisnya atau tragisnya orang-orang kafir yang memiliki kekuasaan. Inilah yang ditunjukkan oleh Allah SWT. Karena orang-orang kafir berkuasa maka akan membumi hanguskan bumi ini. Dalam kisah ini yang berkuasa adalah raja Mukhtar Nasor yang membumi hanguskan Palestina sampai kepada tumbuhan dan makhluk lain nya. Oleh karena itu kita tidak boleh memberikan kekuasaan kepada kaum kafir. Jika mereka yang berkuasa maka akan dibumi hanguskan. 

5. Kita harus betul-betul yakin terhadap kekuasaan Allah SWT karena Allah SWT sudah tunjukkan melalui ayat ayat. Boleh kita belajar dan percaya dengan hukum hukum yang berlaku di alam semesta ini tapi kita harus yakin dengan kekuasaan Allah. Kepercayaan kita kepada hukum-hukum alam harus mengikuti kekuasaan Allah. 

6. Semua yang terjadi adalah ujian dari Allah SWT. Allah menguji bukan Allah SWT tidak tahu. Seperti pertanyaan Allah kepada Uzair " sudah berapa lama kamu tinggal di sini" Uzair menjawab kurang lebih hanya beberapa hari saja karena hanya melihat dengan panca indera saja. Bukan dengan keimanan kepada Allah. Begitulah orang kafir mereka hanya melihat dengan panca indera nya saja bukan dengan keimanan nya.

Demikian pelajaran yang bisa saya tulis semoga bermanfaat dan semoga Allah selalu melimpahkan rahmatnya kepada kita semua. 

5 komentar:

  1. Postingannya bermanfaat banget mas, terima kasih ya, sering-sering posting kajian ayat seperti ini, jadi kalo lagi mau baca-baca tinggal ke blognya mas dani aja.

    BalasHapus
  2. Makasih mbak, insya Allah mbak.

    BalasHapus
  3. wah, jadi adem bacanya, tetap semangat dan tak mudah putus asa ya.

    BalasHapus
  4. Mempelajari penciptaan adalah salah satu cara mengenal penciptanya.

    BalasHapus
  5. Suka dengan kajian-kajian seperti ini, menambah ilmu dan semoga jadi bekal untuk akhirat.

    BalasHapus