Ramadhan Pandai Pandailah Memilih Teman

Setiap habis sholat taraweh, tadarusan dulu satu juz

Hai teman-teman, Apa kabarnya? Bagaimana puasanya, masih tetap semangat kan? Tinggal 12 hari lohh, masa gak kuat. Harus sampai 1 bulan ya puasanya.

Baiklah, kali ini saya akan menulis tentang pandai-pandailah memilih teman di bulan Ramadhan. Seperti banyak kita ketahui bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh Rahmat dan Ampunan. Bayangkan jika kita mempunyai teman yang bisa mengajak kita untuk memanfaatkan bulan ini semaksimal mungkin, kita bisa masuk surga bulat-bulat lho. Insya Allah.
   
Alhamdulillah, Tahun ini adalah Ramadhan kedua saya di SDIT Rabbani, maksudnya dari sejak saya masuk awal mei 2016 tahun lalu, saya sudah merasakan Ramadhan Bersama di  Rabbani dua Kali. Sama seperti tahun sebelumnya saya tidak pulang saat puasa pertama. Dahulu sebelum masuk disini saya selalu pulang kampung pada saat Puasa pertama. Tapi tidak apa-apa, rindu akan kampung terobati dengan menelfon Ayah dan Amak.

Teman-teman, apa arti sahabat menurut kalian? Hayoo jawab? Gak tahu ya? Hehehe.
Di dalam buku “Dalilu As-Sailin” teman itu ada yang baik dan ada yang buruk. Teman yang baik adalah teman yang berakhlak mulia, yang menenangkan jiwa, menenteramkan hati dan  membangkitkan semangat hidup. Sedangkan teman yang buruk adalah teman yang berperangai buruk dan berakhlak tercela. Nah jadi sudah tahu kan, arti teman, jadi mau pilih yang mana, teman yang baik apa teman yang buruk? Pasti semua mau milih yang baik kan?

Nah di bulan Ramadhan ini kita harus mencari teman yang baik, yaitu teman yang bisa mengajak kita untuk memanfaatkan bulan Ramadhan ini semaksimal mungkin.
Selama Ramadhan ini saya masih aktif ke Sekolah, soal nya kami belum libur. Jadi teman saya ya para Guru yang ada disekolah. Menurut saya merekalah teman-teman yang Baik.

Berikut kegiatan yang telah kami lakukan Bersama.

1. Kajian Bersama 
Kajian bersama setiap Kamis sore, dilanjutkan buka bersama

Nabi SAW bersabda, ''Apabila kalian berjalan melewati taman-taman Surga, perbanyaklah berzikir.'' Para sahabat bertanya, ''Wahai Rasulullah, apakah yang dimaksud taman-taman surga itu?'' Nabi menjawab, ''Yaitu halaqah-halaqah zikir (majelis ilmu).'' (HR at-Tirmidzi (no. 3510), Ahmad (III/150), dari Shahabat Anas bin Malik ra.

Nah, jika ini dilakukan di Bulan Ramadhan pasti pahala nya berlipat ganda dan juga menambah ke imanan kita.


2. Buka Bersama
Kegiatan buka bersama SMPIT Rabbani

"Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." Hadist Riwayat Tirmidzi No. 807.

Kebayang tidak jika kita memberi makan 30 orang, sudah 1 bulan kita puasa. hehehe

3. Saling Mendoakan
Ananda Zaki Aufa dan Presenter dalam acara Hafiz Kecik RBTV

“Sesungguhnya do’a seorang muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa’a yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendo’akan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan do’anya. Tatkala dia mendo’akan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata: Amin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi.” Hadist riwayat Muslim.

Kegiatan saling mendoakan ini saat kami melihat ananda Mimi, Zaki dan Hamzah dalam acara Hafiz Kecik RBTV tadi pagi. Mohon doanya juga yang teman-teman.

Baiklah teman-teman, semoga kita selalu mendapat teman yang selalu ada dalam suka dan duka, dan teman yang bisa membawa kita ke Jannahnya Allah Swt.

Dari Abu Said Al Khudri Radhiyallahu ‘anhu, dalam hadits yang panjang, Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wassalam bersabda tentang syafaat di hari kiamat :

Setelah orang – orang mukmin itu dibebaskan dari neraka, demi Allah, Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh kalian begitu gigih dalam memohon kepada Allah  untuk  memperjuangkan hak saudara – saudaranya yang berada di dalam neraka pada hari kiamat.
Mereka memohon : “Wahai Tuhan kami, mereka itu (yang tinggal di neraka) pernah berpuasa bersama kami, shalat, dan juga haji.
Dijawab : “Keluarkan (dari neraka) orang – orang yang kalian kenal”. Hingga wajah mereka diharamkan untuk dibakar oleh api neraka.
Para mukminin ini pun mengeluarkan banyak saudaranya yang telah dibakar di neraka, ada yang dibakar sampai betisnya dan ada yang sampai lututnya.
Kemudian orang mukmin itu menghadap kembali kepada Allah, : “Ya Tuhan kami, orang yang Engkau perintahkan untuk diazab dari neraka, sudah tidak tersisa”
Allah berfirman, “Kembali lagi, keluarkanlah yang masih memiliki iman seberat dinar”. Maka dikeluarkanlah orang mukmin banyak sekali yang disiksa di neraka.
Kemudian mereka menghadap kembali : “Wahai Tuhan kami, kami tidak meninggalkan seorang pun orang yang Engkau perintahkan untuk diazab…” (HR Muslim)
Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan Blogger Bengkulu dalam #NulisSerempak tentang #RamadhandiBengkulu



9 komentar:

  1. Alhamdulillah puasa saya masih ancar mas, walau ramadhan kali ini banyak rintangan tetap puasa... mudah-mudahan bisa full sampai akhir ramadhan ya,,

    BalasHapus
  2. Semoga dilancarkan ibadah puasanya mas Zulya Aldani

    BalasHapus
  3. jangan kebanyakan bukber ya mas.. hehe

    BalasHapus
  4. Lancar sampe akhir ya mas , btw semakin enak sekrang baca tulisan mas dani heheheh. udah lama ga mampir soalnya

    BalasHapus
  5. Rindu bener suasana kayak gitu akh..hee jd ingat masa-masa dulu.. :D

    BalasHapus
  6. Aamiin. Kalau saya sih sudah terpisah dari teman2 saya, soalnya ikut suami masing2, hanya ada beberapa orang saja yg masih trjalin silaturahmi meskipun hanya di dunia maya dan jarang.

    BalasHapus
  7. berteman dengan orang soleh memang mendatangkan semangat untuk juga berbuat baik :)
    semoga lancar puasa nya dani

    BalasHapus
  8. Informatif, jdi punya bnyak pilihan kegiatan yg bermanfaat

    BalasHapus